Tips menghilangkan jerawat dengan yoghurt dan kunyit

Tips menghilangkan jerawat dengan yoghurt dan kunyit

Tips menghilangkan jerawat dengan yoghurt dan kunyit  - Jerawat terjadi karena adanya timbunan lemak di pori – pori dan sebum yang menghambat sirkulasi pori – pori. Jerawat terjadi karena adanya campur tangan bakteri. Biarpun telah kering dan sembuh, jerawat umumnya akan meninggalkan noda kehitaman yang dapat mengganggu penampilan. Bahkan jika dibiarkan, noda pada wajah bekas jerawat seperti ini bisa menjadi permanen. Berbagai cara instan kini sebenarnya dapat ditempuh untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat ini, yaitu mulai dari terapi laser, operasi kecantikan hingga krim/obat kimia. Selain mahal, pengobatan dengan bahan kimia bukan berarti tanpa efek samping. Seorang remaja putri yang sudah memasuki masa puber biasanya akan sering mengalami proses hormonal, seperti menstruasi, keputihan, atau bahkan stres yang bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Timbulnya jerawat seringkali dianggap sebagai bagian dari reaksi hormonal juga, akibat turunnya hormon seks wanita pada saat menstruasi.

Konsumsi yogurt sebagai asupan dan juga masker wajah akan membantu memerangi dan menghilangkan jerawat dari dalam dan dari luar karena yogurt mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam menghadapi bakteri termasuk bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan asam dari yogurt merupakan asam alami yang akan efektif untuk mengurangi penyumbatan minyak pada pori-pori. Yogurt juga mengandung probiotik yang membantu sistem pencernaan untuk berfungsi dengan lebih baik sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dengan maksimal. Karena itu, konsumsi yogurt bersama dengan diet makanan yang tinggi vitamin, mineral dan protein akan membuat kulit terjaga kehalusan, kelembutan dan elastisitasnya, serta bisa menghilangkan jerawat secara alami. Yogurt juga bisa mengurangi noda hitam wajah dan menunda datangnya keriput.

Kunyit atau kunir atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Curcuma  Domestica adalah salah satu tanaman rempah dan obat asli yang berasal dari wilayah dataran Asia Tenggara. Kunyit sendiri telah digunakan selama berabad - abad di Asia untuk mengobati sejumlah penyakit. Termasuk di Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya sudah pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu masakan, jamu maupun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Salah satu kandungan aktifnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga dapat efektif dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan jerawat.

Kulit manusia memiliki pori-pori yang dapat terisi oleh berbagai macam partikel, seperti sel-sel kulit yang mati, terisi oleh kotoran atau bahkan keringat. Ketika pori-pori terisi oleh berbagai macam benda tersebut, maka pada daerah tersebut cenderung akan terjadi infeksi bakteri. Infeksi bakteri inilah yang akan memicu munculnya peradangan, pembengkakan yang selanjutnya berkembang menjadi nanah. Kondisi inilah yang dinamakan dengan jerawat. Kurkumin, senyawa utama yang terkandung pada kunyit yang telah terbukti ampuh efeknya sebagai agen farmakologis, seperti antioksidan, antitumor, analgesik, antialergi, astringent, antispasmodic, appetizing, karmaninatif dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, selain mampu menghilangkan jerawat, mengkonsumsi kunyit secara rutin dapat membuat konsumennya meraih banyak keuntungan sekaligus untuk kesehatannya.

Menghilangkan jerawat dengan masker yoghurt
Yogurt mengandung anti bakteri dan anti jamur, dan sangat bagus untuk kulit berjerawat. Kandungan zinc nya yang tinggi bisa mengatasi noda bekas jerawat. Secara alami, akan membantu menyingkirkan bakteri dan jamur pada kulit pemicu jerawat. Untuk menghilangkan jerawat, gunakan yogurt yang terbuat dari susu skim dan berasa tawar. Diamkan masker selama 30 menit dan bersihkan dengan air bersuhu hangat.

Menghilangkan jerawat dengan masker kunyit
Menggunakan kunyit untuk menghilangkan jerawat bisa dengan cara menerapkannya pada wajah secara topikal (dioleskan langsung pada kulit) untuk mengobati dan mencegah jerawat membandel kembali bersarang pada area wajah. Caranyayaitu siapkan bubuk kunyit secukupnya, air atau krim kunyit kemudian campur bahan - bahan tadi, pastikan agar ramuan tidak dibuat terlalu encer. Kemudian oleskan pada permukaan wajah yang diserang oleh jerawat. Gunakan sekali atau dua kali dalam sehari untuk membersihkan kulit wajah dan menghilangkan jerawat secara alami.

Menghilangkan jerawat dengan yoghurt dan kunyit
Untuk menghilangkan jerawat dengan campuran masker yoghurt dan kunyit, caranya ambil satu sendok makan yoghurt, lalu campur dengan bubuk kunyit. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Ulangi pengaplikasian asker ini setiap dua hari sekali agar jerawat bisa hilang dan noda – nodanya pun tidak menghiasi wajah.

sumber : http://perawatankesehatanmuka.blogspot.com/2015/11/yoghurt-dan-kunyit-perawatan-kulit.html