Monday, February 9, 2015

Lari terlalu Ekstrim Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan

nocommoncore.blogspot.com Joging sangat baik untuk kesehatan. Namun, bila tidak dilakukan sewajarnya, malah membahayakan kesehatan.
Lho kok bisa? Berdasarkan penelitian yang dimuat oleh Jurnal American College of Cardiology, para ilmuwan yang memelajari lebih dari 1000 pelari sehat dan non-jogger, hasilnya terlalu banyak joging dapat merusak kesehatan jantung. 
Lari terlalu Ekstrim Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan
Lari terlalu Ekstrim Bisa Berbahaya Untuk Kesehatan

Dilansir dari BBC, berikut aturan joging yang aman agar jantung Anda tidak terganggu. Yang pertama harus dalam batas kecepatan wajar. Para ilmuwan asal Denmark, menganalisa kuesioner yang diisi para jogger. Mereka menyimpulkan, kecepatan yang ideal untuk joging adalah 5 mph (8 km/jam). Hal tersebut adalah batas terbaik joging dan tidak lebih dari 3 kali seminggu.

Orang-orang yang berlari lebih intensif, terutama mereka yang berlari lebih dari 3 kali seminggu, atau pada kecepatan lebih dari 7mph, akan lebih besar terkena risiko sakit jantung.
Jadi hati-hati. Ilmuwan Jacob Louis Marott dari Rumah Sakit Frederiksberg di Kopenhagen mengatakan, seseorang tidak perlu melakukan banyak latihan yang berdampak bagi kesehatan. 

Maureen Talbot, perawat jantung senior dari British Heart Foundation mengatakan, penelitian menunjukkan sebaiknya orang tidak harus terlalu ekstrem melakukan joging, untuk menjaga kesehatan jantung. Dia menyarankan, cukup jalan cepat saja, atau joging ringan.
"Pedoman nasional merekomendasikan, kita hanya melakukan 150 menit aktivitas sedang, per minggu,” katanya.