Mengapa Teh Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat

Penasaran kenapa teh sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat? Mungkin 5 alasan berikut ini akan menjawab rasa penasaran kamu selama ini.
Mengapa Teh Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat

1. Melawan radikal bebas perusak kulit
Menurut Acne Einstein, teh hijau mengandung senyawa antioksidan katekin yang disebut polifenol. Lebih jauh lagi menurut Live Strong,teh hijau mengandung enam jenis katekin sekaligus, yaitu epicatechin gallate, epigallocatechin, epicatechin, gallocatechin, dan catechin. Dengan tingkat konsentrasi antioksidan yang tinggi tersebut, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E dan C. Karena itulah teh hijau ampuh untuk melawan radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan sel dan bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat.  Referensi Ampas Teh untuk Menghilangkan Jerawat

Mengonsumsi teh hijau secara teratur maupun aplikasi teh hijau di kulit akan memberikan manfaat antioksidan ini untuk kulit Anda.

2. Membunuh bakteri penyebab jerawat
Teh hijau juga mengandung bahan antibakteri yang ampuh untuk melawan bakteri dan kuman penyebab jerawat. Kandungan antibakteri teh hijau akan membantu dalam membunuh mikroorganisme yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

3. Meredakan peradangan jerawat
Menurut The University of Maryland Medical Center seperti dikutip Live Strong, senyawa katekin dalam teh hijau juga efektif sebagai bahan anti-inflamasi. Bahan ini diperlukan untuk mengurangi peradangan jerawat, dan secara otomatis meminimalisir bekas luka yang ditimbulkan oleh peradangan jerawat tadi.

4. Menyeimbangkan gula darah dan insulin
Tahukah Anda jika gula darah dan tingkat insulin yang tinggi dapat merangsang timbulnya jerawat? Semakin tinggi kadar gula darah dan insulin dalam tubuh, semakin tinggi pula risiko terkena masalah kulit, salah satunya jerawat. Orang-orang yang mengalami masalah jerawat parah biasanya disarankan untuk mengganti pola makan mereka dengan mengurangi makanan dengan indeks glikemik dan karbohidrat. Konsumsi teh hijau secara teratur, menurut hasol sebuah studi dari Jepang dapat mengendalikan tingkat insulin dan gula darah agar tetap seimbang.

5. Menyeimbangkan hormon penyebab jerawat
Senyawa antioksidan dalam teh hijau akan meningkatkan molekul yang mengikat kelebihan hormon seks. Hormon ini juga bisa merangsang pertumbuhan jerawat. Minum teh hijau secara teratur secara tidak langsung dapat menyeimbangkan hormon yang dapat mengakibatkan jerawat tadi.